SOP (STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR)

PENJELASAN SINGKAT

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Manokwari, sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pengembangan SDM Pertanian, menyelenggarakan Program Pendidikan Diploma IV dengan program studi Penyuluhan Pertanian dan Penyuluhan Peternakan. Sebagai lembaga pendidikan tinggi kedinasan, STPP Manokwari memiliki tugas dan fungsi utama untuk menyelenggarakan program pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan yang profesional dan berwawasan global, sesuai dengan tuntutan kebutuhan pembangunan pertanian.

Untuk lancarnya pelaksanaan tugas dan fungsi, STPP Manokwari telah menyusun Standard Operating Procedurs (SOP). Dengan tersusunnya SOP ini diharapkan STPP Manokwari dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Dengan adanya SOP diharapkan pemberian pelayanan masyarakat dapat memiliki kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan, efisien, ekonomis, keadilan dan ketepatan waktu hingga dapat mewujudkan pelayanan prima sebagaimana dijelaskan dalam Keputusan Menteri PAN Nomor 81 Tahun 1995 tentang Sendi-Sendi Pelayanan Prima.

Standard Operating Procedurs (SOP) disusun berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: PER/21/M.PAN/11/2008 tentang Pedoman Penyusunan Standard Operating Procedurs (SOP) Administrasi Pemerintahan. Ruang lingkup SOP STPP Manokwari ini meliputi pelayanan yang dikelola oleh STPP Manokwari. Tujuan dari disusunnya SOP ini adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pedoman bagi pegawai di unit kerja masing-masing dalam menyelesaikan pekerjaannya yang menjadi tugasnya,
  2. Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan pegawai dalam melaksanakan tugas,
  3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas,
  4. Membantu pegawai lebih mandiri,
  5. Meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan tugas.

STPP Manokwari telah menyususn 121 SOP yang melingkupi Bagian Administrsi Umum yang terdiri dari 3 (tiga) sub bagian yaitu Sub Bagian Kepegawaian, Sub Bagian Tata Usaha dan Sub Bagian Keuangan; Sub Bagian Administrasi Akademik yang terdiri dari 3 (tiga) sub bagian yaitu Sub Bagian Kependidikan dan Kerjasama, Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni dan Sub Bagian Tenaga Kependidikan. SOP ini juga meliputi unit kerja Jurusan, Unit Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (UPPM) dan Instalasi yang ada di STPP Manokwari.

 

Polling Website

Bagus : 14
Cukup Bagus : 1
Biasa Saja : 0
Tidak Bagus : 0

Total Poling : 15