RPS

PROGRAM STUDI      : PENYULUHAN PERTANIAN DAN PETERNAKAN

MATA KULIAH           : MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

DOSEN PENGAMPU : TIM

DESKRIPSI MATA KULIAH

  1. Perkuliahan Manajemen Sumber Daya Manusia akan memberi pengetahuan dan kompetensi dalam pengelolaan SDM dalam organisasi bisnis/perusahaan yang terus menerus berkembang baik secara local, nasional dan internasional.  Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatan student center learning. Penilaian berbasis kompetensi melibatkan partisipasi aktif dan komunikasi secara individu dan kelompok.
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
    • Bertaqwa kepada Tuhan Yang MahaEsa dan mampu menunjukan sikap religious dan berkarakter
    • Mahasiswa berpartisipasi aktif, bertanggung jawab dan memiliki motivasi untuk mengembangkan diri.
    • Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis issue-issue dan permasalahan dalam manajemen SDM dalam kegiatan organisasi.
    • Mahasiswa memiliki kemampuan mengantisipasi berbagai masalah dalam melaksanakan kegiatan dalam organisasi/ perusahaan.
  3. MATRIKS RENCANA PEMBELAJARAN

Perte-muan

Ke

Capaian pembelajaran

Bahan kajian

Model/

metode

pembelajaran

Pengalaman

Belajar

Indicator

penilaian

Teknik

penilaian

bobot

Waktu

referensi

I-2

Memahami konsep dan tantangan MSDM dan beberapa pendekatan dalam MSDM dan memahami tujuan,fungsi dan peran MSDM

1.Konsep dan tantangan MSDM

2. tujuan, fungsi dan peran MSDM

Ceramah, diskusi

 

.Menjelaskan 1.konsep dan tantangan MSDM

2.tujuan,fungsi dan peran SDM

3.pendekatan dalam MSDM

UTS

10%

100

1

3-4

Mampu menyusun perencanaan SDM

Langkah2 perencanaan

 

Ceramah

dskusi

Menyusun kebutuhan tenaga kerja

Mampu merencanakan SDM organisasi

 

10%

 

1 ; 2

5-6

Mampu melaksanakan rancangan organisasi dan analisis jabatan

Tujuan analsis jabatan

Elemen2 dalam analisis jabatan

Ceramah/diskusi

 

Mampu mencatat jobdiscription, job specification dan job design

UTS

10%

 

1 ; 2

7-8

Menjelaskan rekruitmen dan seleksi SDM

Menjelaskan cara2 rekruitmen

Ceramah dan diskusi

Membuat job specification

Mampu menjelaskan cara rekruitmen

UTS

10%

 

3 ; 4

9-10

Memahami tentang kompensasi SDM

 

Ceramah, diskusi kelompok

Menghitung upah tenaga kerja

 

 

10%

 

2 ; 3 ;4

10-11

Memahamii  pelatihan dan pengembangan  SDM

Menjelaskan tentang kebutuhan pelatihan bagi tenaga kerja

Ceramah, diskusi

Simulasi

Menyusun kurikulum pelatihan

Memahami kurikulum pelatihan

UAS

10%

 

5

12-13

Mampu melakukan penilaian kinerja dan prestasi kerja.

Menjelaskan metode penilaian kinerja dan prestasi kerja

Ceramah , diskusi

Simulasi

Menilai prestasi kerja .

Mengetahui metode penilaian prestasi kerja dan penilaian kinerja

 

10%

 

2 ; 3 4

14-16

Mampu membangun disiplin kerja

Menjelaskan perspektif disiplin kerja

Ceramah,diskusi

 

 

UAS

20%

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BOBOT PENILAIAN

NO

ASPEK

JENIS

NILAI MAKSIMAL

BOBOT

1.

Kemampuan kognitif dan afektif

Tugas-tugas

UTS

UAS

0 – 100

0 – 100

0 – 100

30%

30 %

40%

2.

Kehadiran

Hadir 100 %

Tidak Hadir  1 kali

Tidak hadir 2 kali

Tidak hadir 3 kali

Tidak hadir 4 kali

100

90

80

70

60

10%

 

  1. SUMBER BACAAN
  1. Consultant, Aida 2010, competency based Human Resources Management. http:// www.aidaconsultant.com/new events/public.cbhrm.htm diakses Mei 2017
  2. Flippo E.B.1996. Manajemen Personalia. Penerbit Erlangga . Jakarta
  3.  Hadi Handoko. 1987. Manajemen SDm. Bpfe.Yogyakarta
  4. http://sleekr.co/blog/tahapan perencanaan SDM di perusahaan diakses 6 Juli 2017
  5. Robert Bacal.2002. performance Management. PT Gramedia Jakarta.
  6. Setiowati Endah 2010 Pengembangan SDMBK solusi untuk meningkatkan kinerja organisasi, http:blog.fit.ac.id//lerpm/wpcontent diakses Mei 2017
  7. http://irineayu.wordpress.com/2015 Rekruitmen Karyawan diakses 18 Juli 2017
  8. Sastrodiningrat Subagio.199Kapita Selekta Manajemen dan Kepemimpinan. Ind-Hill-co. Jakarta.

Polling Website

Bagus : 14
Cukup Bagus : 1
Biasa Saja : 0
Tidak Bagus : 0

Total Poling : 15