Kelembagaan

KELEMBAGAAN

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Manokwari merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian, memiliki tugas pokok dan fungsi menyelenggarakan Pendidikan Diploma IV Penyuluhan Pertanian dan Peternakan, serta pelatihan fungsional bagi Penyuluh pertanian. Wilayah kerja STPP Manokwari meliputi 7 (tujuh) provinsi di kawasan timur Indonesia, yaitu; Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara,

STPP Manokwari memiliki 2 (dua) Program Studi, yaitu Penyuluhan Pertanian dan Penyuluhan Peternakan. Pada tahun 2009, kedua Program Studi tersebut telah terakreditasi dengan nilai B, sesuai Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 004/BAN-PT/AK-VI/Dpl-IV/VIII/2009 tentang status, peningkatan, dan Hasil Akreditasi Diploma di Perguruan Tinggi.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 212/Kpts/OT.140/4/2004 tentang statuta Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Manokwari, STPP Manokwari memiliki struktur organisasi sebagai berikut:

  1. Pemimpin terdiri dari: Ketua, pembantu Ketua I, Pembantu ketua II, pembantu Ketua III.
  2. Senat, terdiri dari: ketua merangkap anggota, sekretaris merangkap anggota, Anggota yang meliputi Guru Besar, Pembantu Ketua, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Wakil Dosen, dan Unsur lain yang ditetapkan oleh Senat.
  3. Pelaksana Akademik terdiri dari: Jurusan Program Studi, Unit Penelitian dan Pegabdian Kepada Masyarakat (UPPM), kelompok Dosen, dan Laboratorium.
  4. Pelaksana Administrasi, terdiri dari: Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), dan Bagian Administrasi Umum (BAU). Bagian AKK meliputi: Subbagian Pendidikan dan Kerjasama, Subbagian Tenaga Pendidikan, Subbagian Kemahasiswaan dan Alumni. Bagian AU terdiri dari: Subbagian Kepegawaian, Subbagian Keuangan, dan Subbagian Tata Usaha.
  5. Penunjang, terdiri dari: Instalasi Asrama dan Instalasi Perpustakaan
  6. Kelompok Dosen

Uraian Tugas

  • Ketua, mempunyai tugas memimpin Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta membina tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga administrasi dan administrasi STPP Manokwari, dan hubungan dengan lingkungannya.
  • Pembantu Ketua I, bidang Akademik mempunyai tugas membantu ketua dalam memimpin pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Pembantu Ketua II, Bidang Administrasi Umum mempunyai tugas membantu ketua dalam memimpin pelaksanaan kegiatan dibidang keuangan dan administrasi umum.
  • Pembantu  Ketua III, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni mempunyai tugas membantu ketua dalam memimpin pelaksanaan kegiatan pembinaan mahasiswa dan alumni serta pelayanan kesejahteraan mahasiswa.
  • Senat STPP Manokwari, mempunyai tugas pokok :
    1. Merumuskan Kebijakan Akademik dan usulan pengembangan Program STPP Manokwari.
    2. Merumuskan kebijaksanaan penilaian prestasi akademik dan pengembangan kecakapan serta kepribadian Civitas Akademik.
    3. Merumuskan norma dan tolak ukur penyelenggaraan STPP Manokwari.
    4. Merumuskan peraturan peleksanaan kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan pada STPP Manokwari.
    5. Menegakkan norma-norma yang berlaku bagi Civitas Akademik.
    6. Memberikan pertimbangan  atas rencana anggaran pendapatan dan belanja STPP Manokwari.
    7. Memberikan pertimbangan kepada penyelenggaraan STPP terhadap calon-calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi Ketua, Dosen, dan Dosen yang dicalonkan memangku jabatan Akademik.
  • Jurusan dan Program Studi, mempunyai tugas melaksanakan dan mengembangkan program pendidikan profesional dalam sebagian atau satu cabang ilmu-ilmu pertanian dibidang penyuluhan pertanain dan peternakan
  • Unit Penelitian dan Pegabdian kepada masyarakat (UPPM), merupakan salah satu unsur pelaksana akademik, yang mempunyai tugas melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • BAAK, mempunyai tugas melaksanakan  pelayanan teknis dan administrasi dibidang akademik dan kemahasiswaan di lingkungan STPP Manokwari.
  • Subbagian Pendidikan dan kerjasama, mempunyai tugas melakukan administrasi pendidikan dan pengajaran, penelitian penerapan dan pengabdian kepada masyarakat serta administrasi kerjasama.
  • Subbagian Tenaga Pendidikan, mempunyai tugas melakukan administrasi tenaga pendidikan
  • Subbagian Kemahasiswaan dan Alumni, mempunyai tugas melakukan registrasi, statistik, administrasi kemahasiswaan dan alimni serta kesejahteraan masyarakat
  • Bagian administrasi Umum, mempunyai tugas melaksanakan pelayanan dibidang kepegawaian, keuangan, persuratan, perlengkapan, rumah tangga, dan hubungan masyarakat.
  • Subbagian Kepegawaian, mempunyai tugas melakukan urusan kepegawaian
  • Sibbagian Keuangan, mempunyai tugas melakukan urusan keuangan
  • Subbagian Tata Usaha, mempunyai tugas melakukan urusan  persuratan, perlengkapan, rumah tangga, dan hubungan masyarakat
  • Instalasi Asrama, mempunyai tugas memberikan pelayanan akomodasi dan konsumsi serta pembinaan mahasiswa
  • Instalasi Perpustakaan, mempunyai tugas menyediakan bahan pustaka dan pelayanan perpustakaan untuk keperluan STPP Manokwari dan masyarakat.
  • Kelompok Dosen, mempunyai tugas melakukan pendidikan dan pengajaran, penelitian terapan, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian serta memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam rangka pengembangan penalaran minat dan kepribadian mahasiswa.

 

Polling Website

Bagus : 14
Cukup Bagus : 1
Biasa Saja : 0
Tidak Bagus : 0

Total Poling : 15