Kamis (06/09) Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Manokwari menyelenggarakan Pelatihan Teknis bagi Petani dan siswa SMK di Kabupaten Manokwari Selatan. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 6 – 8 September 2018. Pelatihan yang diikuti oleh 40 orang peserta terdiri dari petani setempat dan siswa SMK yang sedang melaksanakan magang di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Manokwari Selatan.

Petani dan siswa SMK antusias mengikuti pelatihan penggunaan dan pemeliharaan alat mesin pertanian (Alsintan) yang diselenggarakan oleh STPP Manokwari. Pelatihan ini terlaksana atas kerjasama STPP Manokwari dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Manokwari Selatan.

Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan petani penerima bantuan alsintan serta penyuluh pertanian di lokasi penerima bantuan dalam mengelola alsintan.

Selama 3 hari berlatih, peserta melaksanakan praktik langsung tentang pengenalan traktor roda 2, traktor roda 4, combine harvester, cultivator, alat tanam jagung dan alat tanam padi. Apa saja komponen-komponen yang ada didalamnya, bagaimana pemeliharaannya serta bagaimana mengoperasionalisasikannya. Fasilitator selama pelatihan yaitu Dosen dan Staff STPP Manokwari yang mahir dibidang alsintan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Manokwari Selatan H. Bua, mengapresiasi STPP Manokwari untuk membantu mengoptimalkan alsintan di Kabupaten Manokwari Selatan.

“Ini pertama kalinya ada pelatihan Alsintan untuk petani di Kabupaten Manokwari Selatan. Kami sangat berterima kasih kepada STPP Manokwari yang telah membantu terwujudnya kegiatan pelatihan Alsintan ini. Kami harap kegiatan ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya" ungkapnya.

 

 

Polling Website

Bagus : 14
Cukup Bagus : 1
Biasa Saja : 0
Tidak Bagus : 0

Total Poling : 15