Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen STPP Manokwari melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di wilayah Perbatasan RI-PNG tepatnya di Distrik Muaratami, Kampung Skow Sae, Skow Yambe, Skow Mabo dan Holtekam, Kabupaten Jayapura.

Kegiatan Pengabdian ini juga disinkronkan dengan kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL II) yang diikuti sebanyak 20 orang mahasiswa dengan lokasi yang sama.

Selain dihadiri oleh petani setempat, kegiatan PKM ini dihadiri oleh kepala kampung, penyuluh pertanian dan staf Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura.

Model kegiatan akan dibagi menjadi bidang Pertanian dan Peternakan. Untuk bidang peternakan, Tim Dosen memberikan pendidikan dan pelatihan kepada petani diantaranya mengajarkan pengolahan hijauan pakan ternak dan pembuatan silase yang dilakukan oleh Dr. Aswandi, S.Pt., M.Si.

Petani juga diajarkan membuat pakan babi dari fermentasi batang pisang yang diajarkan oleh Susan C. Labatar, S.Pt., M.Si.

Selain itu, petani juga diajarkan cara menaksir berat badan sapi bali jantan. Materi ini diberikan oleh Ir. Nani Zurahmah, MP.

Sedangkan untuk bidang pertanian, dilakukan pengendalian hama pada tanaman cabai dengan perangkap cahaya (light trap). Melalui kegiatan PKM ini, STPP Manokwari merekomendasikan beberapa pengendalian yg dapat dilakukan petani untuk mengatasi masalah hama tersebut. Salah satunya dengan penggunaan perangkap cahaya (light trap).

Perangkap cahaya ini merupakan langkah awal yg dapat digunakan petani untuk mengetahui serangan hama dilapangan. Dengan mengetahui jenis hama utama ini maka upaya pengendalian dapat dilakukan sedini mungkin sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian.

Kegiatan PKM ini masih akan terus berlanjut dan dilaksanakan bertahap hingga akhir Juli.

Polling Website

Bagus : 14
Cukup Bagus : 1
Biasa Saja : 0
Tidak Bagus : 0

Total Poling : 15